Langsung ke konten utama

Yuk Mulai Berinvestasi !

Instagram

Bisakah Memulai Investasi Saham Tanpa NPWP?

Jangan Takut ! Berinvestasi di Pasar Modal Indonesia dapat dilakukan tanpa NPWP, namun tetap harus memiliki KTP.

Contohnya seorang ibu rumah tangga yang tidak memiliki NPWP masih bisa melakukan pembukaan akun saham online dengan tidak melampirkan NPWP.

Namun bagi pelajar yang belum memiliki KTP, belum bisa berinvestasi di pasar modal Indonesia. Untuk memulai investasi bagi para pelajar, dapat menggunakan KTP Orang Tua yang bersangkutan.


Namun apakah ada perbedaan antara melampirkan NPWP dan Tanpa NPWP?

Jelas Ada.

Perbedaannya terletak pada, ketika pembagian dividen.

Ketika suatu perusahaan membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya, 

1. Investor yang tidak memiliki NPWP, jumlah dividen yang diterima nya akan dipotong Pajak Penghasilan (Pph) sebesar 20%.

2. Investor yang memiliki NPWP, jumlah dividen yang diterima nya akan dipotong Pajak Penghasilan (Pph) sebesar 10%.

Lumayan besar selisihnya bukan? Anggap saja kita menerima Dividen sebesar Rp2 Juta, maka kita akan dipotong sebesar Rp400.000 jika kita tidak memiliki NPWP, sedangkan jika kita memiliki NPWP, kita hanya dipotong sebesar Rp200.000 .

Nah coba kalian bayangkan jika kalian menerima dividen sebesar Milyaran, wah jauh banget selisihnya.

Namun, khusus selama pandemi corona, Menteri Keuangan Indonesia (Bu Sri Mulyani) membebaskan pajak atas dividen, sehingga kita menerima bersih dividen yang kita dapat dari suatu emiten. Wah mantap sekali ya.

Semoga Kita bisa mendapatkan dividen milyaran suatu saat nanti. Yes!

Untuk membuka akun saham bersama penulis dapat dilakukan di link di bawah ini :

Buka akun saham bersama Harri Pranata

Komentar

Paling Banyak dibaca

Cara dan Langkah Membuka Akun Saham Online

Untuk membuka rekening saham online diperlukan beberapa syarat. Syarat-syarat membuka akun saham online yang harus dipenuhi adalah : 1. Foto KTP 2. Foto NPWP 3. Cover Depan Buku Tabungan (Jika menggunakan RDN Bank Mandiri dan Sinarmas)* *Khusus untuk yang ingin membuka Rekening Saham BCA dan Bank Permata, poin yg ketiga tidak diperlukan .  Yang penting kamu sudah mengingat nomor rekening BCA atau Permata nya. Nah satu keunggulan jika kamu sudah memakai rekening BCA atau rekening Bank Permata, kamu tidak perlu print dokumen fisik lagi. Jadi bisa langsung daftar sampai selesai semuanya full online. Jadi melalui handphone kamu, sekarang kamu bisa membuka akun saham online . Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah : 1. Mendownload Aplikasi Poems (Milik Phillip Sekuritas Indonesia) Linknya ada disini : Aplikasi Saham 2. Setelah Download, Pilih Open Account. 3. Kemudian masuk pada bagian ini. Saya mengenal Phillip dari : Website (terserah mau isi apa) Pada bagian Pusat/Caban

Jadwal Dividen Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) Tahun 2023

Berikut adalah jadwal pembagian   Dividen Saham  Tunai  Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) Tahun 2023 Untuk  tahun buku 2022 . 1.  Tanggal   Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi  :   05 Juli 2023 2. Tanggal Ex Dividen di Pasar Regular & Pasar Negosiasi :  06  Juli 2023 3. Tanggal Cum Dividen di Pasar Tunai : 07  Juli 2023 4. Tanggal Ex Dividen di Pasar Tunai : 10  Juli 2023 5. Tanggal Pencatatan (Recording Date) : 07  Juli 2023 6.  Tanggal Pembayaran Dividen Tunai  :   25  Juli  2023 7. Tanggal Penyerahan bukti rekam SKD/DGT : 12 Juli 2023 8. Setiap 1 (Satu) saham akan mendapatkan dividen tunai sebesar  Rp 15  (Lima Belas Rupiah) Note : Untuk mendapatkan dividen, anda harus memiliki saham tersebut ketika  Cum Date  di Pasar Reguler berakhir. Ketika  Perdagangan di Tanggal Cum Date berakhir , barang siapa yang memiliki saham SIMP   maka berhak mendapatkan dividen, sebesar    Rp 15  (Lima Belas Rupiah)

Jadwal Dividen Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN) Tahun 2023

Berikut adalah jadwal pembagian   Dividen Saham  Tunai  Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN)  Tahun 2023 Untuk  tahun buku 2022 . 1.  Tanggal   Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi  :   05 Juli 2023 2. Tanggal Ex Dividen di Pasar Regular & Pasar Negosiasi :   06 Juli 2023 3. Tanggal Cum Dividen di Pasar Tunai :  07 Juli 2023 4. Tanggal Ex Dividen di Pasar Tunai : 10  Juli 2023 5. Tanggal Pencatatan (Recording Date) :  07 Juli 2023 6.  Tanggal Pembayaran Dividen Tunai  :  22  Juli  2023 7. Tanggal Penyerahan bukti rekam SKD/DGT : 12 Juli 2023 8. Setiap 1 (Satu) saham akan mendapatkan dividen tunai sebesar  Rp 100  (Seratus Rupiah) Note : Untuk mendapatkan dividen, anda harus memiliki saham tersebut ketika  Cum Date  di Pasar Reguler berakhir. Ketika  Perdagangan di Tanggal Cum Date berakhir , barang siapa yang memiliki saham  CFIN   maka berhak mendapatkan dividen, sebesar     Rp 100   ( Seratus Rupiah)

Mudahnya Buka Akun Saham Online dengan Bank Permata

Kabar gembira bagi kamu pengguna Bank Permata karena Phillip Sekuritas Indonesia telah bekerja sama dengan Bank Permata, sehingga kamu bisa buka akun saham secara online tanpa perlu mengirimkan dokumen fisik ke kantor Phillip Sekuritas lagi. Cara membuka akunnya sama seperti membuka akun saham seperti menggunakan RDN (Rekening Dana Nasabah) BCA . Perbedaannya hanya terletak ketika memilih RDN Permata dan Rekening Pribadi yang digunakan adalah Bank Permata. Hal ini menjadikan, Aplikasi Poems yang dibuat oleh Phillip Sekuritas Indonesia , mampu membuka akun saham secara online bagi kamu yang sudah memiliki rekening pribadi di Bank BCA dan Bank Permata. Berikut link tutorial untuk membuka rekening saham online/elektronik : Cara Membuka Akun Saham Online Apa sajakah keuntungan membuka akun saham di POEMS ( Phillip Sekuritas Indonesia) : 1. Bebas Deposit Berapa Rupiah pun 2. GRATIS biaya Live Trading (Tamplan harga saham update tanpa delay) 3. Tampilan aplikasi sangat user friendly  4.

Jadwal Dividen Gudang Garam Tbk (GGRM) Tahun 2023

Berikut adalah jadwal pembagian   Dividen Saham  Tunai  Gudang Garam Tbk (GGRM)    Tahun 2023 Untuk  tahun buku 2022 . 1.  Tanggal   Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi  :  07 Juli 2023 2. Tanggal Ex Dividen di Pasar Regular & Pasar Negosiasi :   10  Juli 2023 3. Tanggal Cum Dividen di Pasar Tunai : 11  Juli 2023 4. Tanggal Ex Dividen di Pasar Tunai : 12  Juli 2023 5. Tanggal Pencatatan (Recording Date) : 11  Juli 2023 6.  Tanggal Pembayaran Dividen Tunai  :   18  Juli  2023 7. Tanggal Penyerahan bukti rekam SKD/DGT : 14 Juli 2023 8. Setiap 1 (Satu) saham akan mendapatkan dividen tunai sebesar  Rp 1200   (Seribu Dua Ratus Rupiah) Note : Untuk mendapatkan dividen, anda harus memiliki saham tersebut ketika  Cum Date  di Pasar Reguler berakhir. Ketika  Perdagangan di Tanggal Cum Date berakhir , barang siapa yang memiliki saham GGRM   maka berhak mendapatkan dividen, sebesar     Rp 1200  ( Seratus Rupiah)