Strategi Investasi Saham Terbaik Untuk Pemula

 Bagi kamu yang baru memulai investasi saham, mungkin terbersit banyak pertanyaan dan keraguan yang ada pada diri kita.

Sering sekali, apa yang kita harapkan dalam sebuah investasi, malah terjadi hal yang sebaliknya. Saham yang kita yakini akan naik, ternyata turun terus walaupun kita sudah melakukan average down beberapa kali.


Bahkan tidak menutup kemungkinan, saham tersbut akan turun terus dan tidak tahu kapan naiknya.

Jangan pernah terbersit di pikiran kita, bahwa jika suatu saham pernah menyentuh suatu harga tertentu, maka sudah pasti akan dia menyentuh harga itu lagi.

Semua itu tidak pasti. Yang membedakan itu semua adalah "kinerja perusahaan".

Inilah yang membedakan investasi saham dengan investasi yang lainnya. Pada investasi saham ,setiap lembar saham yang kita beli, artinya kita memiliki perusahaan tersebut, kita punya bisnis di perusahaan tersebut. 

Jika kinerja perusahaan tersebut semakin hebat setiap kuarter maupun setiap tahunan, maka secara otomatis harga sahamnya juga akan naik mengikuti performa perusahaan tersebut.

Jadi Pak Harri, Apa yang harus dilakukan jika saya baru memulai investasi saham?

Baiklah mari kita buat poin-poin nya:

1. Miliki lah mindset yang benar

Mindset yang benar sangat penting dalam memulai investasi. Jangan sampai, ketika harga saham kita turun, kita malah panik karena kita tidak tahu apa yang kita beli dan kita juga bingung akan melakukan apa untuk langkah selanjutnya.

2. Belilah saham yang kita pahami

Beli lah saham yang kita paham tentang perusahaan tersebut, produk dan jasa yang ditawarkan, bagaimana Good Corporate Governance (GCG) emiten tersebut. Produk yang kita pahami, tentu membuat kita lebih "percaya diri" bahwa kita saham yang kita beli akan meningkat harganya seiring berjalannya waktu.

3. Temukan mentor dan teman-teman yang tepat

Mentor, teman-teman, dan lingkungan yang tepat akan sangat mempengaruhi keputusan investasi maupun trading yang kita lakukan. Jika kita tidak menemukan lingkungan yang tepat, ada baiknya kita membuat keputusan investasi atau trading sendiri saja. Hal ini untuk mencegah, timbulnya keraguan pada diri kita.

4. Bersabar lah

Investasi tidak akan tumbuh secepat yang kita inginkan, walaupun dalam beberapa kasus mungkin kita beruntung, memiliki saham yang profitnya cepat. Bersabarlah menunggu dan terus menambah investasi yang sudah ada, karena dengan menambah kekuatan investasi kita akan semakin kuat.

5. Berbuat Baiklah kepada Sesama

Dalam hidup ini, kita tidak bisa hidup sendiri. Alangkah baiknya, protfit yang kita dapatkan, kita sisihkan untuk temna-teman yang membutuhkan. Dengan begitu, kita menjadi lebih tenang dan investasi yang kita lakukan semoga akan memberi manfaat bagi banyak orang.


Strategi Investasi Saham Terbaik Untuk Pemula Strategi Investasi Saham Terbaik Untuk Pemula Reviewed by Harri Pranata on 10/31/2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.