Tips memilih saham untuk Investor Saham Pemula

Memilih saham untuk Investor Saham Pemula merupakan hal yang gampang-gampang sulit untuk dilakukan. Jumlah Perusahaan Terbuka (Tbk) alias yang sudah Go Public di Indonesia ada sekitar 677 perusahaan. 

Tentunya kita ingin membeli perusahaan-perusahaan yang memberikan gain terbaik bagi portfolio kita. Manakah saham yang akan memberikan kita keuntungan maksimal?

Hal ini sangat sulit untuk dijawab dikarenakan keuntungan maksimal itu sangat relatif. 

Bisa saja dengan kenaikan 50% kita sudah cukup puas dan merasa itu sangat maksimal. 2-5% per hari mungkin saja menjadi target harian bagi yang orientasi nya trading.

Jadi, untuk memilih saham yang baik dalam investasi kita harus bertanya kepada diri kita sendiri dahulu.

Berikut list-list pertanyaan yang mungkin harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri

1. Berapa lama kah jangka waktu yang kita targetkan untuk investasi kita tersebut?

2. Saham-Saham Sektor mana yang lebih kita pahami dan cenderung lebih stabil maupun fluktuatif?

3. Berapa besar alokasi investasi yang kita alokasikan per bulannya?

4. Berapa besar faktor resiko yang sanggup kita terima?

5. Saham mana saja yang sudah terbukti puluhan tahun yang lalu yang selalu konsisten memberikan laba kepada para pemegang sahamnya?

Well, jika sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, barulah kita dapat dengan mantap memilih saham perusahaan yang akan kita beli.

Untuk poin nomor 5, teman-teman bisa melihat list IDX Growth 30 yang berisi saham-saham yang laba nya terus bertumbuh sepanjang puluhan tahun.

List ini memudahkan kita mensortir perusahaan-perusahaan bagus di masa lalu, walaupun tak menjamin bahwa di masa sekarang maupun masa depan, emiten ini akan terus menghasilkan laba yang terus bertumbuh.

Berikut list saham-saham yang masuk dalam daftar IDX Growth 30


sumber: bisnis.com


Tips memilih saham untuk Investor Saham Pemula Tips memilih saham untuk Investor Saham Pemula Reviewed by Harri Pranata on 9/27/2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.